Kronologi Terjadinya Bentrokan Ormas di Bekasi

Kronologi Terjadinya Bentrokan Ormas di Bekasi

0
melay 850 Rep.

Kepolisian masih tetap bersiaga penuh pascabentrokan organisasi kemasyarakatan (ormas) Pergerakan Orang-orang Bawah Indonesia (GMBI) dengan beberapa ormas paduan di gerbang masuk selatan Plaza Pemkot Bekasi, Kamis (25/1/2018) siang.

Kapolres Metro Bekasi Kota Kombes Indarto menyebutkan, insiden itu berlangsung disangka karna ada tindakan provokasi yang dikerjakan oknum ormas paduan. Hingga, menyebabkan kemelut di tempat.

” Ya sebenarnya barusan itu demo, ada satu grup massa demo sekitaran 300-an kesini. Mendadak ada satu grup massa beda yang kontra serta keduanya, jadi terprovokasi pada akhirnya lempar-lemparan, ” kata Indarto di tempat peristiwa.

Ormas GMBI, sambung dia, di ketahui punya niat mengadakan tindakan unjuk rasa atas sangkaan korupsi pada pungutan retribusi parkir kendaraan oleh lembaga berkaitan di lingkup Pemkot Bekasi. Izin penyampaian masukan itu juga sudah diberitahukan ke kepolisian.

” Untuk massa yang demo itu ada pemberitahuannya. Hanya itu, untuk massa yang kontra itu juga akan kita kaji, ” tutur Indarto.

Atas hal itu, aparat tengah berusaha lakukan mediasi pada dua grup yang ikut serta insiden itu. Hal semacam ini untuk menghindar terjadinya tindakan susulan.

” Pihak mana yang tidak mematuhi ketentuan kita juga akan tegakkan hukum, ” pungkas Indarto.

Pihak GMBI juga menyesalkan tindakan benturan itu. Karna pihaknya sudah melayang-layangkan surat pemberitahun unjuk rasa ke polisi.

” Saya sangka semula kan tak ada masalah, karen harga hp polytron sekian waktu lalu kalau GMBI Kota Bekasi ini telah melayang-layangkan surat pemberitahuan pada intansi serta itu jadi hak kita untuk mengemukakan masukan, ” kata Asep Ujang, anggota ormas GMBI.

Terlebih dulu, dari pantauan di lapangan, ke-2 grup itu sama-sama melemparkan botol air mineral. Mengakibatkan, benturan fisik antar ke-2 pihak tidak terelakan.

Dalam insiden itu, aparat Satpol PP serta ormas GMBI alami luka karena terserang lemparan batu serta kayu.

Lihat itu, aparat kepolisian segera melakukan tindakan cepat dengan menaikkan jumlah pasukan yang memisahkan ke-2 kubu. Ke-2 grup massa ini ditarik ke tempat yang berjauhan.

melay asked
    ×

    Login

    Question stats

    • Active
    • Views16 times
    • Answers0 answers
    • Followers1 follower
    Loading...