Hadir di KTT ASEAN, Trump Tawarkan Mediasi LCS

Hadir di KTT ASEAN, Trump Tawarkan Mediasi LCS

0

Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump mendarat di Manila, Filipina, Minggu (12/11) untuk menghadiri KTT ASEAN. Ini jadi tempat perhentian paling akhir Trump sepanjang kunjungannya ke Asia yang mendahulukan kebijakan “America First”.

Di Vietnam, Minggu pagi, Trump menyampaikan bersiap untuk lakukan mediasi atas perselisihan di Laut China Selatan (LCS). Perseteruan maritim di LCS senantiasa jadi satu diantara judul dalam pertemuan ASEAN, termasuk juga dalam pertemuan pada ASEAN dengan banyak mitranya selesai KTT ASEAN.

Demikian sebaliknya, Presiden Filipina Rodrigo Duterte sebagai tuan-rumah, menyampaikan juga akan membawa semua negara Asia Tenggara serta Asia Timur untuk berhimpun. Menurut dia, issu yang “berduri” tambah baik tidak disentuh karna seluruh pengklaim ada dalam komunitas ASEAN itu, terkecuali Taiwan.

“Kita mesti berteman, serta pemarah yang lain pingin kita melawan Tiongkok serta semua dunia dengan adanya banyak issu. LCS tambah baik tidak disentuh, tidak seseorang juga mampu berperang. Tidak dapat lakukan konfrontasi dengan kekerasan, ” kata Duterte.

Disamping itu, beberapa ratus pendemo dilaporkan menyongsong kehadiran Trump. Polisi terpaksa sekali memanfaatkan meriam air untuk mengusir pendemo yang membawa kertas bertuliskan “Trump Bodoh” serta “Terperosok dengan Imperialisme AS”.

Masuk Pembahasan

Disamping itu, Menlu RI Retno Marsudi mengakui akan tidak berasa kaget andaikan issu LCS masuk dalam kajian di komunitas East Asia Summit (EAS). Demikian juga dengan beberapa issu peka yang lain termasuk juga perseteruan di Semenanjung Korea.

“Saya sangka juga akan dibicarakan (issu LCS), ” kata Retno.

Presiden RI Joko Widodo tiba di Manila, Minggu siang dengan Ibu Negara Iriana. Jokowi dijadwalkan mengadakan beberapa pertemuan bilateral termasuk juga dengan Perdana Menteri (PM) Jepang Shinzo Abe. Dalam pertemuan itu, keduanya juga akan meluncurkan logo 60 th. hubungan diplomatik Indonesia-Jepang.

“Tahun depan th. benar-benar mutlak untuk Indonesia serta Jepang karna kita juga akan rayakan 60 th. hubungan diplomatik, ” kata Retno.

Retno menyampaikan Jokowi serta Abe dengan spesial juga akan membicarakan kesibukan dengan baik di Jepang ataupun Indonesia dalam rencana perayaan 60 th. itu. Diluar itu, keduanya akan menyinggung perubahan pembangunan infrastruktur Jepang di Indonesia seperti Pelabuhan Patimban serta mass rapid transit (MRT).

Untuk Senin (13/11) pagi, Presiden Jokowi dijadwalkan lakukan 11 kesibukan, sedang pada Selasa (14/11), presiden juga akan ikuti delapan kesibukan. “Total dalam dua hari nonton tv online penuh juga akan ada 21 kesibukan yang dikerjakan presiden, ” kata Retno.

melay answered
    ×

    Login

    Question stats

    • Active
    • Views164 times
    • Answers1 answer
    • Followers1 follower
    Loading...