Dampak Stratifikasi Sosial dalam Kehidupan Masyarakat

Dampak Stratifikasi Sosial dalam Kehidupan Masyarakat

0

Istilah akomodasi dipakai dalam dua makna, yakni jadi satu kondisi serta satu sistem. Jadi satu kondisi, akomodasi bermakna ada fakta satu keseimbangan (equilibrium) jalinan antar individu atau grup dalam berhubungan terkait dengan norma-norma sosial serta kebudayaan yang berlaku. Jadi satu sistem, akomodasi bermakna jadi usaha manusia buat meredakan atau jauhi perseteruan dalam rencana menjangkau stabilitas (Menurut Soerjono Soekanto).

satu sistem dalam hubungan-hubungan sosial yang menghadap pada penyesuaian hingga antar individu atau grup berlangsung jalinan sama-sama mengatur buat menangani ketegangan-ketegangan (menurut Gillin and Gillin).

Atau bisa disebutkan satu prose sosial atau hubungan manfaat mencapat keseimbangan sosial dalam orang-orang baik antarindividu, grup atau kelompok manfaat meredakan kemelut yang muncul karena ada perselisihan.

Mengenai maksud Akomodasi dengan sosiologis yaitu :

Untuk kurangi perseteruan yang muncul karena ada ketidaksamaan atau paham
Menghindar meledaknya perseteruan yang lebih besar
Tingkatkan hubungan kerja antar kelompok
Mengupayakan peleburan antar grup yang terpisah

Type perseteruan yang muncul dalam orang-orang (Ramlan Surbakti : 1992) : Perseteruan Horizontal, di mana berlangsung dikarenakan kemajemukan dalam orang-orang contoh, perseteruan antar agama, ras. Perseteruan Vetikal, perseteruan antar kelompok yang berlainan kelas (kasta) perumpamaannya yaitu penguasa serta rakyat

Yaitu satu bentuk akomodasi yang akhirnya ditunaikan dikarenakan ada paksaan. Hal semacam ini berlangsung dikarenakan satu diantara pihak ada dalam kondisi yang lemah sekali apabila dibanding dengan pihak lawan. Contohnya : perbudakan, penjajahan. Lalu koersi dengan psikologis yaitu, desakan yang didapatkan pada banyak renteinir atau debt collcector pada banyak peminjam dama.

satu bentuk akomodasi di mana pihak-pihak yang ikut serta semasing kurangi tuntutannya supaya diraih satu penyelesaian kepada satu perseteruan yang ada. Sikap buat melakukan compromise yaitu sikap buat bersedia rasakan serta tahu kondisi pihak beda. Contohnya : kompromi streaming mnctv pada beberapa partai politik buat sharing kekuasaan sama sesuai nada yang dicapai semasing. Lolosnya seseorang tahanan atau terdakwa dari meja hijau (dakwaan).

langkah menjangkau compromise lewat cara memohon pertolongan pihak ke-3 yang di ambil oleh ke-2 belah pihak atau oleh tubuh yang berkedudukannya lebih dari pihak-pihak yang bertikai. Contohnya : perseteruan pada buruh serta entrepreneur dengan pertolongan satu tubuh penyelesaian perburuan Depnaker jadi pihak ke-3.

Langkah merampungkan perseteruan dengan jalan memohon pertolongan pihak ke-3 yang netral. Pihak ke-3 ini hanya mengupayakan satu penyelesaian dengan damai yang sifatnya cuma untuk penasihat. Sehingga pihak ke-3 ini tidak memiliki wewenang buat memberi keputusan-keputusan penyelesaian yang mengikat dengan resmi. Contoh masalah ini, yaitu penyelesaian sengketa tanah yang dibawa ke kepala desa, mediasi yang dikerjakan oleh pemerintah Finlandia dalam penyelesaian perseteruan pada pemerintah Indonesia dengan GAM.

satu usahamempertemukan hasrat-keinginan pihak-pihak yang bertikai buat menjangkau kesepakatan dengan. Contohnya : pertemuan sebagian partai politik didalam instansi legislatif (DPR) buat duduk dengan merampungkan ketidaksamaan-perbedaan hingga diraih perjanjian dengan, konsultasi pada entrepreneur dengan KPP tentang Pajak yang terlambat, dosen dengan mahassiwa tentang nilai atau pengaturan skripsi.

seringkali juga diberi nama toleran-participation yakni satu bentuk akomodasi tidak ada kesepakatan resmi, akomodasi yang didasari sikap sama-sama menghormati keperluan sesama hingga perselisihan bisa dihindari atau tidak berlangsung. Dalam hal semacam ini, toleransi muncul dikarenakan ada kesadaran masingmasing individu yg tidak direncanakan.. Contohnya : sebagian orng atau grup mengerti juga akan pihak beda dalam rencana jauhi pertikaian. Dalam orang-orang Jawa di kenal dengan makna “tepa selira” atau tenggang rasa supaya jalinan sesamanya dapat sama-sama mengerti kekurangan sendiri semasing, penghormatan ketidaksamaan hari raya keagamaan baik antar seagama ataupun lain agama.

satu bentuk akomodasi di mana pihak-pihak yang bertikai atau berkonflik dikarenakan kemampuannya seimbang lalu berhenti di suatu titik khusus tidak untuk jalankan pertentangan. Dalam makna beda di kenal dengan “Moratorium” yakni ke-2 belah pihak berhenti tidak untuk sama-sama jalankan pertikaian. Namun, moratorium dapat dikerjakan pada dua belah pihak yang kurang seimbang kemampuannya.

pinggang answered
    ×

    Login

    Question stats

    • Active
    • Views303 times
    • Answers1 answer
    • Followers1 follower
    Loading...